5 Cara Mudah Merawat Peralatan Makan yang Terbuat dari Keramik

5 Cara Mudah Merawat Peralatan Makan yang Terbuat dari Keramik

5 Cara Mudah Merawat Peralatan Makan yang Terbuat dari Keramik

Peralatan makan yang terbuat dari keramik telah menjadi pilihan populer sejak ribuan tahun silam. Selain karena keindahan dan keunikan desainnya, peralatan jenis keramik lebih aman untuk makanan karena materialnya yang tidak menyerap bau ataupun warna. Tidak hanya itu, bahan keramik cenderung lebih awet dan tahan lama. Berkat keunggulannya, peralatan makan dari keramik menjadi bentuk investasi dalam jangka waktu yang panjang apabila dirawat dengan baik.


Artikel ini akan membantu Anda merawat peralatan makan yang terbuat dari keramik dengan mudah sehingga dapat digunakan dalam jangka  waktu yang panjang.


Mencuci dengan Lembut

    Saat mencuci peralatan makan yang terbuat dari keramik, penting bagi Anda untuk melakukannya dengan hati-hati. Gunakan air mengalir dengan temperatur suhu ruangan dan sabun pencuci piring untuk membersihkannya. Aplikasikan dengan kain microfiber atau spons yang lembut dan usap secara perlahan. Hindari penggunaan sikat kasar yang dapat merusak permukaan keramik. 


    Hindari Perendaman yang Terlalu Lama

      Perendaman peralatan makan yang terbuat dari keramik tidak boleh direndam air dalam jangka waktu yang lama. Jika terdapat noda atau sisa makanan yang sulit dihilangkan, cukup rendam peralatan makan dalam air hangat selama beberapa dan bersihkan dengan lembut. Hindari penggunaan air panas saat menghilangkan noda atau minyak yang membandal.


      Minimalisir Benturan terhadap Alat Makan

        Peralatan makan yang terbuat dari keramik lebih rentan terhadap retak atau pecah jika terkena benturan yang cukup keras. Hindari menyimpan atau menumpuk peralatan makan pada tempat yang terlalu tinggi atau menyimpan dalam kondisi yang dapat menyebabkan benturan. Anda dapat menggunakan penyangga atau kain lembut sebagai lapisan antara setiap item.


        Perlindungan Saat Menyimpan

          Untuk melindungi peralatan makan dari keramik dari goresan atau kerusakan saat penyimpanan. Pastikan juga tempat penyimpanan cukup luas dan tidak terlalu penuh sehingga peralatan makan tidak saling bersentuhan dan berisiko rusak. Anda dapat menyimpan peralatan makan, pada posisi rak bagian yang mudah dijangkau dan jauhkan dari jangkauan si kecil saat sedang bermain.


          Hindari Paparan Panas yang Ekstrem

            Material yang terbuat dari keramik umumnya lebih sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Jangan langsung memindahkan peralatan makan keramik dari  suhu panas ke suhu dingin atau sebaliknya. Hal ini dapat menyebabkan keretakan atau pecahnya peralatan. Sebagai contoh, hindari meletakan peralatan makan yang telah dikeluarkan dari oven atau microwave pada permukaan yang dingin. 


            Dengan perawatan yang benar, peralatan makan yang terbuat dari keramik lebih awet dan tahan lama. Dengan demikian, hal ini menjadi bentuk investasi yang baik di rumah.  Untuk menemukan peralatan makan dari keramik dengan kualitas terbaik, Anda dapat memilih Platerie. 


            Platerie menyediakan gelas, piring dan mangkuk yang terbuat dari keramik dengan tampilan desain yang klasik dan elegan. Hidangan menu makanan menjadi lebih istimewa sehingga menciptakan suasana makan yang menyenangkan bersama keluarga.

            Reading next

            Ciptakan Kualitas Sajian Makan yang Elegan Menggunakan Peralatan Makanan dari Keramik
            Keindahan dan Keunggulan Piring Keramik dalam Kehidupan Sehari-hari

            Leave a comment

            This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.